You are currently viewing 5 Tips Membuat Event yang Menarik Agar Sukses dan Untung

5 Tips Membuat Event yang Menarik Agar Sukses dan Untung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan. Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan sejumlah aspek. Hal tersebut ditegaskan Jokowi dalam konferensi pers terkait pelonggaran penggunaan masker di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Hal ini membuka peluang bagi para kreator, komunitas, maupun profesional untuk mengadakan event secara offline. Diperlukan strategi yang baik agar penyelenggaraan event dapat berjalan dengan sukses. Lantas, bagaimana caranya agar penyelenggaraam event dapat lebih menarik audiens? Simak penjelasan berikut!

1. Tentukan Target Audiens

people in conference

Audiens yang tersedia cukuplah banyak, ratusan bahkan ribuan audiens. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui siapa target utama Anda. Misalnya, apakah seorang anak sekolah, mahasiswa, fresh graduate, atau berbagai macam pilihan. Langkah selanjutnya, Anda juga harus memahami permasalahan audiens tersebut. 

Misalnya, audiens Anda adalah mahasiswa dan fresh graduate. Biasanya, keluhan audiens adalah seputar karier yaitu mengenai interview dan membuat curriculum vitae. Dari sini akhirnya Anda dapat membuat event seputar mahasiswa dan fresh graduate dengan permasalahan tersebut seperti “hacks agar interview tidak gagal” atau “cara agar curriculum vitae yang benar di mata HRD”. 

2. Berikan Manfaat Menarik yang Berbeda Dari Event Lain

people inside white room

Event yang diselenggarakan secara gratis tidak selamanya dapat memikat hati para audiens. Banyak juga event yang kini menyediakan sertifikat elektronik secara cuma-cuma, namun tetap tidak dapat menjangkau banyak audiens. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu menyediakan manfaat yang berbeda dari event lainnya sebagai strategi rahasia.

Misalnya, coaching with mentor selama 1 atau 2 bulan. Tentunya, event Anda akan lebih menarik karena para audiens dapat merasakan manfaat coaching dengan mentor yang disediakan. Contoh lain jika Anda tidak cukup menyediakan waktu untuk sesi mentoring, maka bisa memberikan hadiah gratis atau giveaway dan doorprize. Tentunya dengan mengingat budget finansial pada event yang hendak diselenggarakan, ya! 

3. Kerjasama dengan Influencer

iPhone 7 and brown case

Kini, banyaknya anak muda yang hits di media sosial dapat juga Anda manfaatkan untuk membuat acara lebih menarik. Anda bisa membayar para influencer untuk mempromosikan acara di media sosial miliknya karena pastinya influencer ini memiliki followers yang dapat dijadikan target audiens Anda.

Bahkan, Anda dapat memberikan kesempatan untuk influencer menjadi narasumber di event tersebut, loh! Tentunya jika audiens event adalah anak muda, tentu akan cenderung menginginkan bertemu idolanya untuk dapat sharing melalui event tersebut.

Anda juga bisa bekerjasama dengan beberapa media partner agar eventmu lebih tampak terpercaya dan kredibilitas,. Terakhir dalam poin bekerja sama, Anda dapat mengusahakan dalam mendapatkan sponsor untuk lebih membuat event meriah dan tentunya dapat membangun hubungan.dalam jangka panjang,

4. Tentukan Narasumber yang Tepat

men and women having a meeting

Seperti yang telah dijelaskan pada poin ketiga, audiens seperti anak muda akan lebih senang jika narasumber yang disediakan adalah idolanya. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa audiens juga ingin narasumbernya merupakan orang yang ahli di bidang tertentu atau memiliki nilai plus seperti bekerja di perusahaan terkenal. Dari sini, Anda bisa menyiapkan strategi untuk acara tersebut, mengenai siapa narasumber yang tepat untuk menggugah emosi audiens.

5. Laksanakan Event di Tempat Strategis

beige wooden conference table

Salah satu opsi yang dapat menjadi pilihan Anda untuk membuat event adalah Coworking Space. Utopia Creative Space & Hub misalnya, menyediakan tempat dan fasilitas bagi anda yang ingin mengadakan suatu event. Lokasi tempatnya strategis karena terletak di pusat kota serta akses transportasi yang sangat mudah.

Semoga kelima poin di atas dapat membantu acara Anda jauh lebih menarik dan ramai akan pengunjung, ya!

Leave a Reply